PENILAIAN JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN ANGKA KREDITNYA

UNSUR UTAMA

(1) Pendidikan yaitu: Ijazah guru yang sesuai dengan tugasnya, dan sertifikat Prajabatan+sertifikat program induksi. (2) Pembelajaran yaitu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menganalisis evaluasinya, meremedial dan mengayakan. (3) Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) (a) Pengembangan diri yaitu diklat fungsional, kegiatan kolektif guru (b) PIN (publikasi ilmiah/karya teknologi dan inovasi).

UNSUR PENUNJANG

(a) Ijazah guru yang tidak relevan dengan bidang tugas (b) kegiatan organisasi profesi, Pramuka dan sejenisnya.

PTK termasuk dalam PKB. Sebuah PTK yang dilaksanakan oleh guru harus diseminarkan disekolah, setelah kelengkapan administrasinya dipenuhi lalu diajukan ketim penilai Angka Kredit maka, PTKnya akan mendapat angka kredit 4. Seminar yang standar, dihadiri paling sedikit 15 orang guru peserta, ada kepanitiaan, lengkap administrasinya.

Unsur Utama 90% dan Unsur Penunjang 10% sesuai Permennegpan dan reformasi birokrasi nomor 16 tahun 2009 efektif berlaku Januari 2013. Setiap Tahun (Januari-Desember) harus dilakukan Penilaian Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah. Guru yang menilai kinerja guru haruslah (sebaiknya) sejenis dengan guru yang dinilainya sehingga kepala sekolah harus menunjuk guru untuk tugas menilai kinerja dimaksud. Semua kita guru diharap saling membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan ini demi kesejahteraan guru indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s